Jumat, 26 September 2014

Gerak Benda

Gerak Benda


Kinematika? Apaan tuh? Kinematika itu mempelajari pergerakan benda tanpa meninjau penyebab gerak benda tsb, "yang penting dia gerak" wkwk. Eits jangan langsung kabur denger kinematika, tenang wkwk, kita belajar perlahan - lahan :)

Siapa sih ilmuwan yg pertama meninjau gerak dan bikin kehidupan SMA kita jadi ga indah? Dia adalah, seorang ilmuwan fisika yang sangat terkenal, mungkin kalo inget teleskop inget doi, yak ga lain ga bukan, Galileo Galilei yeayyy~ Galileo Galilei itu ilmuwan pertama yg menghitung kelajuan lohhh, jadi dulu tuh orang ga kenal sama yg namanya kecepatan lah, kelajuan lah, jarak per waktu lah, si Galileo ini yg pertama menciptakan istilah "kelajuan".

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/d4/Justus_Sustermans_-_Portrait_of_Galileo_Galilei,_1636.jpg
Galileo Galilei



Gerak... apasih gerak? Gerak itu perubahan posisi benda dari satu tempat ke tempat lain dengan titik acuan yang sama. Maksudnya, misalkan kita liat ada mobil bergerak, sebenernya secara ga langsung kita membandingkan posisinya setiap saat dengan posisi jalanan atau benda2 di jalan lainnya, sehingga otak kita mengintepretasikan mobil tadi bergerak.

Gerak benda yg kita bakal pelajarin di SMA ini ada 2 jenis :
1. Gerak linear > gerak yang bentuk lintasannya lurus
2. Gerak melingkar > gerak yang bentuk lintasannya melingkar
*wkwk ini kan soal ulangan pa Ali

Terus? Dalam gerakan benda banyak yg bisa kita tinjau atau amati, misalnya jarak, perpindahan, kelajuan, kecepatan, percepatan, perlambatan, dan waktu. Jangan langsung "duh rumusnya apa yak?" sebelum paham apasih sebenernya istilah istilah tersebut, karena indahnya fisika itu menalar dan mempelajari alam, bukan menghafal rumus :)

Oke yuk kita bahas satu persatu .....

Jarak.... Hmm jarak... pasti udh sering denger kan kata "jarak" di kehidupan sehari - hari? Kalo gitu ini pasti gampang :) Kalo kata pa Ali, jarak itu "panjang lintasan yang ditempuh" kalo ngerti bagus, kalo masih ga jelas bahasa sederhananya jarak itu....ya jarak wkwk, jarak itu.... ruang yang memisahkan kita, aseek wkwk, jarak itu.... panjang dari mata lu ke layar yg lagi lu liat sekarang, itu semua jarak :)
Kok jarak besaran skalar? Karena jarak ga peduli arahnya, pokoknya itung aja semuanya wkwk, namanya juga "panjang". Mana ada ibu ibu beli kain "mas beli kain 2 meter, tapi kan digulung jadi jaraknya cuma 1/2 meter, jadi saya bayar 1/4 harganya aja ya bang" "itu perpindahan bu, bukan jarak-_-" *ceritanya pada pinter fisika, oke skip-_-

Perpindahan serupa tapi tak sama dengan jarak. Perpindahan itu juga jarak, tapi jarak dari titik awal ke titik akhir, jadi diliat arahnya :) Misalnya ada orang muter 1x lapangan, jarak tempuh orang itu = keliling lapangan, tapi perpindahannya 0 karena dia balik ke tempat asal. Makanya disebut besaran vektor.

Waktu... Ini gausah dijelasin lah ya wkwk. Tapi biar begini, jangan remehkan waktu.... Karena kalian bisa dikuasai sama yg satu ini wkwk. Ini gapenting, seriusan skip aja kalo gamau pusing, sekedar info, orang - orang sebelum Albert Einstein bahkan salah mengintepretasikan waktu... mereka menganggap waktu itu konstan, ternyata tidak begitu, waktu berubah seiring dengan bertambahnya kecepatan :)

Nah, supaya gampang ngira-ngira kapan sampenya, atau berapa lama waktu diperlukan buat nyampe jakarta, akhirnya pak Galileo tadi membuat besaran baru yaitu kelajuan dan kecepatan, bedanya apa?

Kelajuan itu, selisih perubahan jarak terhadap perubahan waktu yg dibutuhkan, inget ya, JARAK. Jadi kelajuan ini juga besaran skalar karena yg diliat jaraknya, dimana jarak ga ngeliat arah, otomatis kelajuan juga ga liat arah.
Bisa disimpulkan : v = Δs/Δt
dimana v = kelajuan(liat diatas huruf v ga ada panah, berarti dia besaran skalar, jadi ini kelajuan ya bukan kecepatan :)) terus s = jarak, jarak loh ya bukan perpindahan, nah kalo t = waktu, Δ itu maksudnya perubahan/selisih. JANGAN DIHAFAL YA, ini rumus bisa banget bangetan pake logika kan? Keknya dr SD udah dah di matematik wkwk, "anak2 hitung ya berapa kecepatan mobil blablabla(mengenang masa2 ga ada PR)"

Lanjut, kalo kecepatan itu, selisih perubahan posisi dari titik akhir ke titik awal terhadap perubahan waktu yg dibutuhkan. Atau, perpindahan per waktu. Inget, PERPINDAHAN. Jadi kecepatan itu besaran vektor, karena perpindahan kan melihat arah(vektor), sedangkan kecepatan itu mnghitung perpindahan terhadap waktu, ya jelaslah kecepatan vektor juga wkwk.
Bisa disimpulkan : = Δx/Δt
Liat tuh, v-nya ada panahnya kan? Berarti itu kecepatan karena vektor. Terus x itu maksudnya, kan kalo s itu tadi jarak, x disini maksudnya perpindahan, yaa simbol mah bebas deh wkwk, ini supaya beda aja gituu sama yg atasnya. Kalo t ya waktu wkwk, Δ sama kek tadi itu maksudnya perubahan.
Kecepatan itu nanti ada dua, kecepatan sesaat sama kecepatan rata-rata, tapi ini nanti sajalah yaa~~

Sekarang, percepatan yeay~  percepatan itu kayak kecepatannya kecepatan(?) maksudnya, perubahan kecepatan terhadap perubahan waktu yang dibutuhkan :) Atau, selisih kecepatan per waktu. Karena kecepatan itu besaran vektor, dan percepatan itu tergantung pada kecepatannya, maka sama seperti tadi, percepatan ini besaran vektor juga kawan :) nah percepatan sebenernya sama aja kayak perlambatan, perlambatan itu ya percepatan wkwk, cuma kalo nilai percepatannya positif istilahnya percepatan, tapi kalo nilainya negatif istilahnya perlambatan karena percepatan ini bukannya nambahin kecepatan tapi malah ngurangin kecepatan tadi.
Bisa disimpulkan :  a = Δv/Δt
Itu a harusnya ada panahnya ya wkwk, tapi gua gatau cara ngasihnya gimana-_-
Nanti percepatan juga sama kayak kecepatan, ada percepatan rata-rata, ada percepatan sesaat :)

Okedeh selesai sudah pembahasan awal gerak, gampang kan?

Buat yang udah baca dan paham isi artikel ini, tolong ilmunya bagi ke temen2 yg lain ya :)
#fisikasukber37

Tidak ada komentar:

Posting Komentar