Senin, 29 September 2014

Kecepatan Rata-Rata v.s Kecepatan Sesaat

Kecepatan Rata-Rata v.s Kecepatan Sesaat

Note : diharapkan sudah mengerti isi dari "Kalkulus- Turunan/Diferensial/Derrivative" dan DIHARUSKAN sudah mengerti isi dari "Kinematika 1 - Gerak Benda" sebelum membaca artikel ini.


Ingat! Kecepatan adalah besaran vektor, baik kecepatan rata2 atau sesaat, sama sama kecepatan ya sama sama vektor :)

Apa itu kecepatan rata-rata? Bisa dibilang, kecepatan rata-rata itu kecepatan yg kita hitung dalam jangka waktu tertentu. Kecepatan rata-rata itu perubahan jarak tiap perubahan waktu, atau bisa ditulis :
 
\bar{\mathbf{v}}=\frac{\Delta\mathbf{r}}{\Delta t}

Dimana v = kecepatan rata-rata, Δr = perubahan posisi/perpindahan, Δt = perubahan waktu(waktu yg dibutuhkan).

Kalo kecepatan sesaat itu apa? Kecepatan sesaat itu kata pa Ali "kecepatan yang menyinggung lintasan" sebenernya ini definisi paling tepat dari kecepatan sesaat, tapi gua yakin pasti kata2 pa Ali ini agak sulit dimengerti dan malah bikin bingung :""
Jadi buat sederhananya, kecepatan sesaat itu kecepatan yg bener2 hanya di satu waktu, di satu titik.

Buat contoh, misalkan mobil jalan di tol, diitung kecepatan rata-ratanya 60km/jam. Artinya, dalam setiap jam, mobil itu menempuh jarak rata-rata sebesar 60km. Tapi pada kenyataannya, mobil di jalan tol itu ga selalu 60km/jam (mustahil selalu 60km/jam), pasti ada saat-saat lebih ngebut, saat-saat ngerem, malah bisa aja mobil itu berenti bentar di rest area(0km/jam), nah ini artinya meskipun kecepatan rata-rata mobil tetep 60km/jam, tapi kecepatan sesaatnya terus berubah, karena memang definisi kecepatan sesaat itu sendiri ya kecepatan yg hanya di satu titik aja, selisih waktunya keciiiillll bgt sampe hampir mendekati 0 atau lim mendekati 0.

Kecepatan sesaat bisa diartikan juga : 
                 perubahan posisi/perpindahan yg sangat kecil
v sesaat = ----------------------------------------------
                    perubahan waktu yg sangat kecil

Di bab tentang diferensial, kita menggunakan awalan "d..." untuk menyatakan "sesuatu yg sangat kecil", jadi kecepatan sesaat bisa ditulis juga :
v sesaat = dr/dt

Sedangkan dr/dt artinya "r diturunkan terhadap t", jadi r kalo kita turunin terhadap t akan kita dapatkan v atau kecepatan. Nah inget juga kan di bagian diferensial kita udah bahas ini juga?

Buat bagusnya, kecepatan sesaat bisa kita tulis :


\mathbf{v} = \lim_{\Delta t \to 0}{{\mathbf{r}(t+\Delta t)-\mathbf{r}(t)} \over \Delta t}={\operatorname{d}\mathbf{r} \over \operatorname{d}t}






Seperti biasa, kalo kurang paham silahkan tanya :)

Buat yang udah baca dan paham isi artikel ini, tolong ilmunya bagi ke temen2 yg lain ya :)
#fisikasukber37
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar