Senin, 29 September 2014

GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan) part 1

GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan) - Part 1

Note : DIHARUSKAN sudah baca dan paham isi artikel "Kinematika 3 - GLB" sebelum mulai membaca artikel ini.

Beda dari GLB, di GLBB ini kita kedatangan satu unsur baru, yaitu a atau percepatan. Di GLB, perpindahan berubah naik/turun secara konstan, v tetap/tidak berubah, dan a = 0 atau tidak ada a.

Untuk mudahnya, GLBB itu misalnya mobil yg awalnya berjalan dgn kecepatan konstan, tiba-tiba ngegas sampe kita kelempar kebelakang, atau tiba-tiba ngerem sampe kita maju kedepan, nah itu artinya di awal mobil GLB, terus pas digas/direm mobil GLBB.


Sedangkan pada GLBB, perpindahan berubah naik/turunnya menjadi seperti fungsi kuadrat(melengkung, makin lama perubahannya semakin besar, tidak lagi berjalan dengan perubahan tetap seperti di GLB). Kecepatan(v) pada GLBB berubah secara konstan, tingkat naik/turunnya kecepatan selalu sama setiap waktu. Bisa disimak gambar dibawah ini agar memudahkan :


http://asepgart.files.wordpress.com/2012/05/grafik-glbb.jpg

Terlihat perbedaan bentuk grafik perpindahan terhadap waktu dan grafik kecepatan terhadap waktu pada GLBB dengan yg ada pada GLB.

Bagaimana dengan percepatannya?


http://windyana.files.wordpress.com/2010/07/a-t1.jpg

Percepatan pada peristiwa GLBB engga 0 kek di GLB, tapi konstan dan tidak berubah(segitu-gitu aja a nya, ga naik, ga turun)

Apasih sebenernya percepatan itu?
Kayak yg udah dijelasin di Kinematika 1 - Gerak Benda, percepatan itu perubahan kecepatan tiap satuan waktu. Atau bahasa simpelnya, seberapa banyak naik atau turunnya kecepatan tiap waktunya(tiap detik misalkan). Percepatan juga sama kayak kecepatan, ada yg rata-rata, ada yg sesaat. Definisinya sama aja sih, percepatan rata-rata itu percepatan yg dihitung dari awal kejadian sampe akhir kejadian, terus dipukul rata gitu, sama kayak kecepatan rata-rata, ga perduli sekalipun misalnya ditengah jalan kadang diem kadang ngebut, percepatan rata-ratanya tetep segitu.

Dari definisi tersebut, kecepatan rata-rata bisa kita tulis :
http://1.bp.blogspot.com/-uMBlUiy8hxw/T7DGA4TKspI/AAAAAAAAA-U/Wexy8aZzr1M/s320/pers.+percepatan.PNG

Sedangkan percepatan sesaat sama juga kayak kecepatan sesaat, intinya percepatan di satu titik waktu doang, jadi bener bener saat itu doang. Atau bisa juga perubahan kecepatan yg sangat kecil terhadap perubahan waktu yg sangat kecil, waktunya mendekati 0 atau t nya lim mendekati 0 (prosesnya sama kayak di bahasan kecepatan di Kinematika 2 - Kecepatan Rata-Rata v.s Kecepatan Sesaat), sesuatu yg sangat kecil bisa ditulis d...., artinya perubahan yg sangat kecil dari kecepatan (dv) terhadap perubahan waktu yg sangat kecil juga (dt).

Biar mudah bisa ditulis : a = dv/dt = turunan v terhadap t
Nah lagi-lagi disini terbahas ulang mengenai diferensial, inilah alasan kenapa v diturunkan dapat a, karena perubahan kecepatan terhadap waktu atau gradien kecepatan adalah percepatan.

 Dari definisi tersebut, kecepatan sesaat bisa kita tulis :
http://kinematika.weebly.com/uploads/8/7/5/2/8752742/841386161.jpg?371







Gampang kan? Tetep semangat ya belajar fisikanya :)

Buat yang udah baca dan paham isi artikel ini, tolong ilmunya bagi ke temen2 yg lain ya :)
#fisikasukber37

Tidak ada komentar:

Posting Komentar