Sabtu, 25 Oktober 2014

Usaha, Energi, dan Daya

Usaha, Energi, dan Daya

Bab berikut yg akan kita pelajari adalah bab 3 Usaha & Energi (di kebanyakan buku begini), tapi gua bakal namain bab ini cukup dengan kata "energi" karena baik usaha maupun daya, semuanya seputar energi.

Energi adalah salah satu bab yg udah kita pelajarin dari SD kelas 3, waktu SD kita diajarin kalo energi adalah kemampuan melakukan kerja. Dari definisi umum ini bisa kita simpulin kalo yg namanya energi itu segala sesuatu yg bisa menghasilkan suatu kerja. Kerja disini maksudnya work dalam b.inggris atau yg lebih kita kenal dengan istilah "usaha".

Jadi intinya, energi dapat menyebabkan terjadinya usaha. Apasih maksud usaha itu sendiri?

Usaha itu inti gampangnya ukuran dari seberapa besar sebuah gaya dapat memindahkan benda dari satu tempat ke tempat lain.

Yg terakhir, daya itu ukuran seberapa besar terjadinya usaha perdetik.

Lebih detilnya bakal dibahas di tiap artikel tersendiri.

Di bab ini mungkin bakal memperjelas jawaban dari pertanyaan banyak orang, "kenapa fisika waktu SMP gampang, sekarang kok di SMA susah bgt?". Energi udh jelas2 kita pelajarin dari SMP, kenapa energi di SMA susah? Fisika waktu di SMP tiap soalnya cuma mengandung 1 permasalahan, misalkan cuma ditanya berapa kecepatan mobil kalo jarak tempuhnya segini dalam waktu segini, jelas mudah, tinggal gunakan v = s/t. Atau misalnya berapa energi kinetik sebuah benda bermassa 10kg dan memiliki kecepatan 5 m/s, ini mudah juga tinggal Ek = 1/2mv^2. Nah di SMA jadi susah karena tiap soalnya punya masalah lebih dari 1 dan cenderung kompleks, jadi udah gabisa pake cara "ah fisika tinggal apal rumus pasti bisa" lagi kayak pas SMP. Rumus emang harus dihapal biar bisa ngerjain cepet, tapi kalo ga ngerti korelasi antar rumus dan gunanya apa, pasti sulit karena soal2 fisika di SMA kebanyakan baru bisa dikerjain kalo kita paham hubungan antar rumus2, ga cuma pake 1 rumus doang, bisa 2-3 rumus digabungin baru bisa dapet jawabannya.

Ohya, artikel-artikel sebelumnya di blog ini lebih "concept oriented" karena katanya soal-soal pa Ali lebih ke soal-soal konsep...  Tapi kayaknya tetep kurang efektif wkwk, jadi buat bab Energi ini gua mau coba beralih ke "problem solving oriented" jadi di tiap artikel tetep ada konsep awalnya tapi bakal lebih banyak bahasan-bahasan soal-soalnya.

Sekedar motivasi : seseorang di smansa yg gua kenal, dari abis selesai UTS sampe artikel ini dibuat, dia udah ngerjain 104 soal fisika khusus bab Energi ini doang. Ingat! Jumlah latihan soal yg dikerjain berbanding lurus dgn nilai yg didapat, sudah berapa banyakkah soal yg anda kerjakan?

Semangat!!

Tidak ada komentar: