Senin, 02 Maret 2015

Hukum Kontinuitas

Hukum Kontinuitas


Dari semua hukum yg ada di fisika, gua rasa yg satu ini paling gampang dan ga akan lupa wkwkw, karena emang sering bgt di kehidupan sehari-hari kita pake, tapi ga sadar.

Misalkan ada selang, terus air masuk dan ngalir di dalamnya sebanyak 5L. Air yg keluar dari selang berapa? Pasti 5L juga kan.. kecuali selangnya bocor. Ini membuktikan jelas kalo volume air dalam suatu selang/pipa itu selalu sama antara jumlah volume yg masuk dgn volume yg keluar. Walaupun ukuran pipanya ga konstan, katakanlah di ujung pipanya mengecil, tetep aja kalo yg masuk 5L, ya yg keluar pasti 5L juga.

Karena volum yg masuk selalu/pasti sama dengan volum yg keluar, berarti debit air di setiap titik dalam selang juga sama, kan jumlah air yg lewat dalam pipa selalu sama,  dimasukin 2L air dalam 2 detik, pasti di ujung pipa juga keluar 2L air dalam 2 detik.

Bisa kita simpulkan :

Q1 = Q2 = Q3 = ..... atau Q = konstan (debit air mengalir dalam sebuah pipa/selang selalu konstan di titik manapun dalam pipa tersebut)

Nah, Q = V/t kan, dimana V itu volume. Sedangkan volume = luas penampang pipa dikali panjang(atau dalam ilustrasi dibawah, A1.ΔL1 & A2.ΔL2)



https://diahandra.files.wordpress.com/2012/03/a.jpg


Sekarang kita ganti, karena V1 = A1.ΔL1, maka Q1 = V/t = A1.ΔL1/t
Coba liat, ΔL kan perpindahan, t kan waktu, jadi ΔL/t itu apa? Kecepatan!
Jadi Q1 = A1.v1 (disini v = kecepatan, volume gua pake simbol V(capslock) )

Inget, diatas udah kita bahas Q1 = Q2 = Q3 atau Q = konstan
Karena Q1 = A1.v1 terus Q2 = A2.v2, maka
Q1 = Q2
A1.v1 = A2.v2, atau A.v = konstan
(A = luas penampang pada suatu titik di pipa, v = kecepatan alliran air di titik tersebut)


Gausah dihapal juga kalo ini mah pasti inget sendiri wkwk. Pake logika juga pasti ingetkan, kalo misalkan air ngalir di selang, terus selangnya kita teken, pasti semburan airnya makin kenceng. Pernah nyirem taneman? Kan kalo selangnya pendek, terus ga sampe nyirem taneman yg jauh, tinggal tahan aja mulut selangnya sedikit kan, supaya semburan airnya makin jauh. Secara ga langsung kita udah pake hukum kontinuitas nih wkwk



Buat yang udah baca dan paham isi artikel ini, tolong ilmunya bagi ke temen2 yg lain ya :)
#fisikasukber37

Tidak ada komentar: