Sabtu, 16 Mei 2015

Teori Kinetik Gas?

Teori Kinetik Gas?


Bab ini menurut gue salah satu bab fisika yg masih bisa pake hapalan. Beda sama mekanika & fluida(bab 1-7) sebelumnya yg rata2 soalnya selalu kombinasi lebih dari 2 rumus, soal2 teori kinetik gas(gue singkat TKG buat selanjutnya) jarang yg begitu, biasanya pake 1 sampe 2 rumus udah selesai, ya kayak soal fisika pas SMP mungkin. Karena itu pake hapalan rumus masih enak, ga banyak kombinasi + turunan rumus yg harus dihapal.

Tapi bukan berarti hapalannya sedikit itu bener2 sedikit wkwk, cuma lebih dikit aja dari bab2 sebelumnya. Ada sekitar 9 sampe 10 rumus yg harus dihafal pada bab ini kalo milih metode menghafal.

Bisa juga tetep pake metode analisis, mungkin cuma sekitar 3-4 yg harus dihafal kalo analisis, dan sebenernya biar gimana juga analisis lebih gampang lagi sebetulnya, bebas mau prefer yg mana.

Yg paling susah dari bab ini itu masalah konstantanya, konstantanya banyak-_- terus juga masalah ngubah-ngubah dari massa-massa molar-massa molekul sama jumlah molekul-bilangan avogadro-mol, kadang orang suka lupa dan kebolak-balik. Satuan juga ribet disini, antara kg/gr, m^3/liter, celcius/kelvin, m/cm, Pa/atm, dll

Catat dan ingat baik-baik, dalam pembahasan TKG nanti kalian harus teliti dan dapat membedakan mana yang "satu/sebuah molekul", mana yang "rata-rata" dan mana yang "total". Meski begitu, satu/sebuah molekul artinya dapat disamakan dengan "rata-rata".

Ohya buat thermodinamika ga akan gua buat sekarang, karena itu materi kelas 12, mungkin waktu itu pak Ali lupa. Kecuali nanti pak Ali bilang thermodinamika tetep masuk ke materi ukk, baru gue buat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar