Rabu, 08 Oktober 2014

Tips & Trik Mengerjakan Soal Fisika Saat Tes

Tips & Trik Mengerjakan Soal Fisika Saat Tes


Ada beberapa tips & trik nih yg menurut gua cukup membantu waktu ngerjain tes/ulangan fisika~

Mode Soal 1 : Hitungan

Soal hitungan biasanya jadi mayoritas di ulangan fisika, bisa lebih dari 50%, coba disimak ya :)

Supaya gampang, langsung aja nih gua kasih contoh 1 soal :

Sebuah mobil yg awalnya diam, digas dan bergerak lurus dengan percepatan 3m/s^2, berapakah jarak yg ditempuh mobil selama 10 detik?

Tahap 1 : Membaca Soal

Pas liat soalnya ada angkanya, kemungkinan besar soal tsb adalah soal hitungan. Jadi gua saranin, kalo buat soal hitungan, kalian langsung baca bagian akhirnya dulu, ke bagian pertanyaannya, supaya tau dulu apa yg ditanyakan. Dalam contoh soal diatas, berarti kalian langsung baca pertama itu yg bagian "berapakah jarak" berarti S yg ditanya disini.Garis bawahin kata "berapakah jarak" kalo perlu biar ga lupa.
Abis itu baru baca soalnya dari atas, baca soal itu ngasih kita apa aja. Misalnya di soal tadi, berarti kita dikasih sama soalnya a(percepatan) sebesar 3m/s^2 dan t(waktu) sebesar 10s. Jangan lupa! Terkadang ada info tersirat yg penting tp kita ga sadar, dari soal kita bisa tau kalo Vo = 0, kok? Baca baik2, ada "mobil yg awalnya diam" artinya Vo = 0 m/s. Nah garis bawahin juga biar ga lupa a, t, sama kata "awalnya diam".

Kenapa kita cari apa yg ditanya dulu baru abis itu baca apa yg diketahuinya? Karena, misalkan kita baca soal dari awal sampe selesai, pasti abis baca pertanyaannya, kita balik lagi ke atas buat nyari apa aja yg diketahuinya, nah ini buang buang waktu, sama aja kerja dua kali, jadi mending dibalik, baca pertanyaannya dulu, baru diketahuinya.

Tahap 2 : Analisa Soal

Setelah tau apa yg ditanya & apa yg diketahui, sekarang saatnya berpikir. Abis baca soalnya, pasti kita bisa nerka kira-kira ini soal apa, entah antara GLB, GLBB, gravitasi, gerak melingkar, atau lainnya. Misalkan di contoh, karena ada kata "gerak" ini pasti GLB atau GLBB, perhatikan lagi disana ada kata "percepatan" yg artinya pasti GLBB karena GLB ga ada a(percepatan). Inget2 cara GLBB yg mana yg bisa kita pake, antara 3 rumus GLBB itu, atau mungkin kombinasinya. Karena di contoh ditanya S, berarti kita bisa pake rumus yg ini : S = Vo.t + 1/2.a.t^2

Tahap 3 : Hitung

Ini tahap paling gampang sebetulnya, tapi justru kita malah paling sering salah disini, dan salah di tahap ini tuh nyesek bgt :( jadi telitilah dalam berhitung :)
Kita udh dapet rumusnya, tinggal masuk2in aja angkanya di soal ke rumus. Berarti kalo dari contoh :
S = 0.10 + 1/2.3.10^2
   = 0 + 1/2 . 300 = 150 m

Gimana kalo lupa rumusnya?

Kalo udah paham sih mestinya lupa rumus ga masalah, tinggal mikir bentar konsepnya, pasti dapet lagi rumusnya. Jadi inget-inget konsepnya biasanya membantu :)

Gimana kalo rumus, konsep, dan semua-muanya lupa?!

Tenang, masih ada satu jurus andalan, kita pake teknik "Analisis Dimensi/Satuan" tapi gua saranin pake cara ini kalo udah selesai nyoba semua soal terus ada yg belum kejawab dan masih ada waktu, baru pake cara ini.

Lihat yg ditanya apa, dalam contoh adalah jarak. Satuan jarak adalah m atau meter. Sekarang kita hanya perlu berpikir gimana caranya dapetin satuan meter dari yg udah kita ketahui. Kita punya a = 3m/s^2, ada meternya tuh tapi ada per sekon kuadratnya.... kita mesti ilangin per sekon kuadratnya ini.
Caranya? Buat ngilangin per sekon kuadrat berarti kita perlu ngaliin a sama detik/sekon dua kali supaya sekon dibawahnya abis.
a = m/s^2
m/s^2 . s = m/s --> sekali
m/s . s = m --> dua kali, kita dapatkan meter

Sekon/detik yg di contoh soal adalah 10 sekon.

Itung deh angkanya~

a = 3 m/s^2
3 m/s^2 . 10 s = 30 m/s
30 m/s . 10 s = 300 meter

Nah terlihat kalo cara ini ga selalu ngasih angka yg benar walaupun satuannya udah bener. Ini karena faktor ga semua rumus fisika itu kali/bagi variabel2nya aja, kadang juga dikali 1/2 kayak di rumus GLBB barusan.
Tapi cara ini juga ga pasti 100% salah, kadang bisa bener juga wkwk, makanya ini kalian pake kalo udh bener2 ngeblank aja dan di saat-saat terakhir~

Mode Soal 2 : Teori (Konsep)

Yg satu ini juga agak sering nih, bisa lebih dari 30% soal.

Untuk soal konsep mudah kalo udah paham, pasti bisa wkwk. Nah kalo sebenernya udh paham tp mendadak lupa, coba inget2 rumusnya, karena semua rumus itu asalnya dari konsep, jadi dengan mengingat-ngingat cara atau gimana dapetin sebuah rumus, konsepnya bisa dapet  ;)
Jadi bisa bolak balik, lupa rumus bisa inget2 konsepnya, lupa konsep bisa inget2 rumusnya.

Buat yg belum ngerti konsepnya, coba pake logika aja, ditelaah soalnya, yg menurut kalian bener yg mana atau gimana. Bener ga bener liat nanti dah, at least sudah berusaha wkwk

Mode Soal 3 : Teori (Hafalan)

Ini jaraaaaang bgt ditanyain, paling cuma 5-10% nya aja.

Kalo hafalan, biasanya sekali ga tau ya ga tau nih wkwk jd cuma bisa pasrah.
Tapi tetep kita bisa coba inget-inget lewat rumus atau konsep-konsepnya, mungkin pas berusaha nginget-nginget tbtb dapet(?)

Atau bisa coba inget2 hal-hal yg berkaitan atau yg mirip-mirip dgn yg ditanya.

Misal pertanyaannya gini : 1 kalori berapa joule?

Kalo gatau samsek pasti pasrah kan wkwk... Tapi misalkan tbtb inget "ohya! 1 joule kan = 0.24 kalori"
Nah bisa kita cari nih jawabannya :

1 joule =  0.24 kal -> bagi kedua ruas dengan 0.24
1/0.24 joule = 1 kal
1 kal = 4.2 joule


Tips Paling Ampuh

Fisika itu ilmu/pelajaran pemahaman, untuk paham diperlukan waktu, ga ada jalan pintas. Mau buat ringkasan atau rangkuman kayak apapun tetep pasti ga bakal bikin bisa ngerjain soal, mungkin hafal rumusnya tapi pas ketemu soal gatau mesti gimana wkwk :""

Jadi, cara satu-satunya menguasai fisika adalah seperti yg sering gua bilang, latihan soal sebanyak-banyaknya, ga ada cara lain. Mau salah mau bener, mau ngerti mau ga ngerti, urusan belakangan, pokoknya abis selesai baca materi/teorinya, langsung coba kerjain soalnya. Kalo bingung dan gabisa, tanya ke temen, atau baca pembahasannya, abis itu kerjain lagi soal lainnya :)


Semangat UTSnyaa!!!

#37bisa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar