Senin, 29 September 2014

GLB (Gerak Lurus Beraturan)

GLB(Gerak Lurus Beraturan)

Note : DIHARUSKAN memahami artikel "Kinematika 2 - Kecepatan Rata-Rata v.s Kecepatan Sesaat" terlebih dahulu sebelum membaca artikel ini.

GLB buat sederhananya, adalah gerakan benda, dimana benda yg bergerak tersebut tidak mengalami percepatan atau a = 0, dan kecepatannya konstan atau v = konstan.
Maksudnya? Jadi misalkan mobil bergerak secara GLB, ya kecepatannya konstan segitu-gitu aja, ga turun, ga naik juga wkwk
http://4.bp.blogspot.com/_BQBaN21V_2w/SbZUSTci51I/AAAAAAAAAIQ/5-p8S4yE-8M/s320/gerak-lurus-beraturan-e.jpg
1.1 grafik jarak terhadap waktu pada GLB

Kita lihat kalo di GLB itu, perpindahan benda selalu bertambah secara konstan, misalkan di gambar 1.1, perpindahannya nambah 2 tiap 1 detik, yang artinya kecepatannya 2m/s dan ini konstan di sepanjang garis.


http://sidikpurnomo.net/wp-content/uploads/2008/10/v-t-glb.jpg
1.2 grafik kecepatan terhadap waktu pada GLB

Sedangkan, lihat gambar 1.2, kecepatan pada GLB selalu konstan, tidak naik, tidak turun, sehingga gambar grafik kecepatannya tetap lurus di sepanjang waktu.

Dan grafik percepatan terhadap waktu pada GLB tidak dapat digambarkan, karena tidak ada percepatan pada gerak GLB, maka bila digambar grafiknya, grafik percepatan(a)nya akan selalu diam di koordinat (0.0), hal ini sama saja dengan tidak menggambar grafiknya sama sekali.

GLB ini sebetulnya udah kita pelajarin dari SD loh... inget ga kelas 4 SD apa kalo ga salah, di pelajaran mtk, kita udah belajar tentang kecepatan, jarak, dan waktu. Itu sebenernya GLB cuma kita aja ga sadar wkwk

"anak anak, jarak itu sama dengan kecepatan kendaraan dikalikan waktu yang dibutuhkan oleh kendaraan tersebut untuk menempuh jarak tersebut" kata guru mtk SD gua dulu.....

Buat mudahnya, GLB bisa disimpulkan :
s = v . t


Gampang kan? Tetep semangat ya belajar fisikanya :)

Buat yang udah baca dan paham isi artikel ini, tolong ilmunya bagi ke temen2 yg lain ya :)
#fisikasukber37








Tidak ada komentar: